Online


Get this .

Animasi

Home

Jumat, 29 Januari 2021

CONTOH Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019 dan CONTOH RPP

Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. ....................................

Nama Satuan Pendidikan     : ....................................................................................

Mata Pelajaran/Tema            : ....................................................................................

Kelas/Semester                       : ....................................................................................

Materi Pokok                          : ....................................................................................

Alokasi Waktu                        : ....................................................................................

 

1. Tujuan Pembelajaran ........................................................................................................................................................ ........................................................................................................................................................ ........................................................................................................................................................

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1. Alat dan Bahan

2.1.1. Alat :

                   ......................................................................................................................

......................................................................................................................

 

2.1.2. Bahan :

                               ......................................................................................................................

......................................................................................................................

 

2.1.3. Pertanyaan

......................................................................................................................

......................................................................................................................

 

2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

            .......................................................................................................................................... ..........................................................................................................................................

 

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

            ..........................................................................................................................................

            ..........................................................................................................................................

2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran

................................................................................................................................................................................................................................................................

2.4.2. Penilaian ................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 

Mangetahui

 Kepala Sekolah

 

 

=......................................=

NIP

.................................... 20....

Guru Mata Pelajaran/Kelas

 

 

= .........................................=

NIP

 

 

 *Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah Dasar            : SDN PAJAJARAN

MataPelajaran           : Tematik

Kelas/Semester           : VI (Enam) /Ganjil

Tema/Subtema            : 5 (Wirausaha)/ 2 (Usaha di Sekitarku)

Pembelajaran Ke-      : 1

AlokasiWaktu             : 2 x 35 menit

 

A.        TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.

2.  Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat mendemonstrasikan sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

B.       LANGKAH – LANGKAH  PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi

Kegiatan

Alat dan Media

 

Pendahuluan

-          Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek- aspek yang akan dinilai.

 

WhatsApp

 

 

 

Kegiatan Inti

-          Peserta didik dengan berkelompok/individu secara daring bisa mengikuti pembelajaran dengan mengkaji materi pembelajaran yang terdapat dalam buku tematik.

-          Peserta didik di damping bapak, ibu atau orang tua untuk melakukan percobaan untuk mengidentifikasi benda magnetis dan non magnetis.

 

 

 

Modul/Buku Tematik,

LKPD

 

Penutup

-         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

-         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

 

Modul/Buku tematik

C.         PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·     Tugas pada modul

·      Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis

 

Mengetahui,

KepalaSekolah

 

 

 

SUPIRMAN, S.Pd.M.Si.

NIP. 19610720 198305 2 008

Tasikmalaya , 2 November 2020

Guru Kelas VI B

 

 

 

U. SUJANA, S.Pd.

NIP. 19700925 199903 1 002

 

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 

Langkah-langkah LKPD:

1.      Siapkan alat dan bahan :

-          Magnet

-          Pensil

-          Peniti

-          Karet Gelang

-          Paku

-          Penjepit kertas

-          Sisir

-          Gunting

-          Batu

-          Kayu

-          Daun

-          Kertas

-          Kaca

-           

2.      Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian

3.      Amati apa yang terjadi

4.      Catat hasil pengamatan pada tabel

5.      Buat laporan percobaan pada table

 

Tabel Pengamatan

No.

Benda

 

Dapat ditarik

(Benda Magnetis)

Tidak dapat ditarik

(Benda Nonmagnetis)

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

11

 

 

 

12

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

Text Box: Nama 			:
Kelas/ No. Absen 	:

 

 

LAPORAN

PERCOBAAN BENDA MAGNETIS DAN NONMAGNETIS

 

Tujuan Percobaan :

 

 

 

Alat dan bahan :

 

 

 

Langkah-langkah Percobaan :

 

 

 

 

 

Hasil Percobaan :

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan :

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar