Online


Get this .

Animasi

Home

Selasa, 23 September 2014

CONTOH RPP 2013



Satuan Pendidiikan       : SD Negeri Pajajaran
Kelas / Semester           : V /  1 ( Satu)
Tema                             : Kerukunan Dalam Bermasyarakat
Sub Tema                      : Hidup Rukun
Pembelajaran Ke           : 4 (empat)
Alokasi Waktu               : 6 x 35 menit

A.   Kompetensi Inti
 KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta  tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar

1.    Bahasa Indonesia
3.3. Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku  
4.3. Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan    ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator :
3.3.1. Mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan.
4.3.1. Menjelaskan unsur-unsur dalam iklan.  

2.      PPKn
3.4. Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan   masyarakat
4.4. Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan   masyarakat.
  
Indikator:
3.4.1. Mengelompokkan contoh dan bukan contoh tentang perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
4.4.1. Memeragakan aktivitas siswa yang mencerminkan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

3.      Ilmu Pengetahuan Sosial
3.4.Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia.
4.4.Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan  aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia.

Indikator:
3.4.1. Mengenal bentuk, fungsi, dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.
4.4.1. Menceritakan bentuk, fungsi, dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat



4.      Matematika
3.4.  Mengenal konsep perbandingan dan skala.
4.13.Merumuskan dengan kalimat sendiri membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator
3.4.1.  Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan
4.13.1.Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
4.13.2.Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
4.13.3.Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
C.   Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati lingkungan sekitarnya dan melakukan wawancara , siswa mampu mengenal bentuk, fungsi dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat
2.    Dengan menulis laporan hasil wawancara siswa dapat menceritakan peran dan fungsi lembaga budaya dengan teliti.
3.    Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menjelaskan kegiatan ekspor dan impor dengan cermat.
4.    Dengan kegiatan berhitung, siswa dapat memecahkan masalah perbandingan dengan cermat.
5.    Dengan kegiatan berhitung, siswa dapat menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat.
6.    Dengan berhitung, siswa dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat.
7.    Dengan berhitung siswa dapat memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan teliti.
8.    Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menceritakan pentingnya menjaga kerukunan dengan percaya diri.
9.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dengan teliti.
10.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat iklan dengan percaya diri.
11.  Dengan praktik, siswa dapat merancang pembuatan iklan ekspor impor dengan percaya diri.

D.       Materi  Pelajaran
IPS
Mengamati lingkungan sekitarnya dan melakukan wawancara, untuk mengenal bentuk, fungsi dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.
Menulis laporan hasil wawancara siswa dan menceritakan peran dan fungsi lembaga budaya.
Menggali informasi dari teks bacaan dan menjelaskan kegiatan ekspor dan impor.
MTK
Berhitung, dan memecahkan masalah perbandingan.
Berhitung, dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
Berhitung, dan menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
Berhitung dan memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
PKn
Menggali informasi dari teks bacaan dan menceritakan pentingnya menjaga kerukunan.
Mengamati gambar, dan menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dengan teliti.
B.IND
Mengamati gambar, dan menjelaskan manfaat iklan dengan percaya diri.
Merancang pembuatan iklan ekspor impor.
E.     Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan      : scientific
2.    Metode             : Penugasan, latihan, dan diskusi kelas.
F.      Media, Alat/Bahan Dan Sumber Belajar
1.    Media                 : Gambar Iklan, lembaga budaya.
2.    Alat/bahan          : Contoh Gambar Iklan, VCD/DVD, LCD Proyektor.
3.    Sumber Belajar  : Buku siswa Kelas V hal.
  Buku Guru Kelas V hal.
  Internet
G.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
Pendahuluan
Selama 15 menit.
·   Guru memberikan salam kepada peserta didik dan mengajak berdoa bersama
·   Guru mengkondisikan peserta didik secara fisik dan psikis  supaya  siap belajar
·   Guru bertanya tentang kondisi didik untuk menghubungkan materi yang sebelumnya dan menyambungkannya dengan materi kegiatan keseimbangan ekosistem dan pengaruh kegiatan manusia.
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu tentang hidup rukun. 
Kegiatan Inti
Selama 180 menit
·   Siswa membaca teks bacaan dengan mandiri, dan mencari informasi penting dari bacaan. (Kegiatan Mengamati).
·   Guru memberikan penekanan pada kata “duta budaya” dan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan, seperti; Bagaimana dengan budaya Indonesia yang kaya? Dapatkah kebudayaan kita ekspor?
·   Siswa mencari informasi mengenai lembaga budaya di daerah sekitar, misalnya pusat kebudayaan, sanggar tari, atau perkumpulan kesenian lain.
·   Siswa melakukan kunjungan ke lembaga budaya tersebut dan melakukan wawancara sederhana untuk mencari informasi tentang bentuk dan fungsi lembaga budaya.
·   Siswa menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan tertulis.
·   Siswa menitikberatkan focus laporan pada peran dan fungsi lembaga budaya.
·   Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya dan bertukar hasil laporan wawancara sehingga siswa mendapatkan informasi yan g lebih lengkap (Kegiatan Menanya).
·   Sebelum memulai kegiatan, siswa mengingat kembali kegiatan mewawancara narasumber yang pernah dilakukan.
·   Siswa mencari informasi mengenai lembaga budaya yang ada di lingkungan sekitar. Dalam mendapatkan informasi ini, siswa dapat bertanya ke kelurahan setempat atau kepada tokoh budaya di lingkungan setempat.
·   Jika di lingkungan sekitar terdapat beberapa lembaga budaya, siswa membuat kelompok sebanyak lembaga budaya yang akan dikunjungi.
·   Siswa membuat daftar pertanyaan wawancara yang berkaitan dengan lembaga budaya yang akan dikunjungi.
·   Pada hari pelaksanaan wawancara, siswa menanyakan pertanyaan yang telah disusun kepada narasumber. Siswa mencatat jawaban narasumber. (Kegiatan Menanya).
·   Siswa menuliskan informasi-informasi yang didapat dari hasil wawancara yang telah dilakukan.
·   Siswa membuat rangkuman atas informasi-informasi tersebut.
·   Siswa menuliskan dalam lembar tugas peran dan fungsi lembaga budaya yang dikunjunginya.
·   Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
·   Siswa mencari informasi penting dari bacaan.
·   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyan yang disajikan di buku siswa.
·   Guru berkeliling dan memberikan umpan balik kepada siswa di sepanjang proses.
·   Siswa mendiskusikan ilustrasi cerita yang melibatkan perbandingan.
·   Siswa menjelaskan kembali penyelesaian soal perbandingan dalam buku siswa sesuai pemahamannya dengan kalimatnya sendiri.
·   Siswa lain diminta menanggapi mengenai kebenaran pemahaman yang disampaikan siswa tersebut di atas.
·   Kegiatan ini dilakukan secara bergantian. (kegiatan mencoba).
·   Siswa menyebutkan contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
·   Siswa lain memberikan pendapatnya tentang contoh perilaku tersebut.
·   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan untuk menstimulus rasa ingin tahu. Pertanyaan-pertanyaan tersebut di antaranya: Perilaku apa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan? Mengapa kita perlu bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok?
·   Siswa menceritakan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
·   Secara berkelompok, siswa mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah. Hasil diskusi kelompok ini kemudian menjadi bahan diskusi kelas.
·   Siswa membuat kelompok terdiri atas 4-5 orang siswa.
·   Siswa membaca instruksi tentang kegiatan yang akan dilakukan.
·   Secara berkelompok, siswa membuat rancangan iklan tentang kegiatan pentas budaya. Dalam iklan memuat semua unsur secara lengkap.
·   Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya dengan mandiri dan percaya diri.
·   Kelompok-kelompok lain memberi tanggapan dan masukan, baik terhadap hasil karya maupun keterampilan komunikasi dari kelompok lain yang telah mempresentasikan hasil karyanya. (Kegitan mengkomunikasikan).
Penutup
15 Menit
·  Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
·  Siswa mengerjakan soal evaluasi akhir pelajaran.
·  Siswa bersama-sama guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan; misalnya dengan mengajukan pertanyaan; anak-anak bagaimana perasaan kalian setelah melakukan kegiatan pembelajaran tadi?
·  Guru  menanamkan kebermaknaan materi pelajaran terhadap kehidupan di lingkungan sekitar siswa.
·  Guru menugaskan siswa secara berkelompok untuk membuat laporan tentang Hidup Rukun melalui  berbagai sumber  misalnya bertanya terhadap orang tuanya masing-masing  atau melalui  media elektronik seperti internet, televisi, dan melalui  media cetak.

H.   Penilaian

1.    Teknik  Penilaian
a.    Penilaian Sikap                
Teknik                               : Observasi dan jurnal
Instrumen                          : Lembar  pengamatan terlampir
b.    Penilaian Pengetahuan    
Teknik Penilaian               : Tes Lisan
Instrumen                          :  Butir soal tes Terlampir
c.    Penilaian Keterampilan    
Teknik                               : Unjuk Kerja
Instrumen                          : Lembar Pengamatan Performance terlampir

2.    Bentuk  Penilaian
Sikap                                       : penilaian sikap pada proses
Pengetahuan                           : soal tes uraian
Keterampilan                           : penilaian performance selama proses

Butir Soal  Penilaian Pengetahuan

Jawablah soal-soal di bawah ini secara singkat!
1.    Tuliskan macam-macam budaya yang ada di Indonesia?
2.    Jelaskan yang dimaksud dengan Duta Budaya?
3.    Kegiatan pertukaran duta budaya dari waktu ke waktu terus meningkat,
Misal, duta budaya yang berangkat keluar negeri tahun 2013 berjumlah 1.500 orang, sedang Turis mancanegara yang datang berjumlah 10.000.000 orang. Tuliskan perbandingang Duta budaya dengan Turis mancanegara, dalam bentuk matematika!
4.    Sebutkan salah satu Fungsi dari kebudayaan?
5.    Jelaskan keuntungan adanya iklan!

Kunci jawaban
1.    Tarian daerah, makanan, rumah adat, lagu daerah, Benda kuno, Ukiran dll
2.    Utusan yang Membawa salah satu kebudayaan Negara kita untuk diperkenalkan ke luar Negeri.
3.    1.500 : 10000.000
4.   - Menjalin kerja sama antar negara

- Menjalin hidup rukun antar warga negara.

5.   - Mempromosikan Produk barang atau jasa
- Memperkenalkan Produk barang atau jasa

Lampiran:  Instrumen Penilaian

a.    Penilaian Sikap
Aspek:
-       Kemandirian.
-       kecermatan
-       Percaya diri


No
Nama Siswa
ASPEK PENILAIAN SIKAP
Ketr.
Kerjasama
kemandirian
Manajemen waktu
kecermatan
ketelitian
1







2







3







4







Dst








Rubrik Penilaian Sikap

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1


Cermat

Seluruh aktifitas terlihat bersungguh-sungguh dalam mengikutinya
Beberapa aktifitas
terlihat bersungguh-sungguh dalam mengikutinya
Sebagian aktifitas terlihat bersungguh-sungguh dalam mengikutinya
Hampir seluruh aktifitas terlihat bermain-main dalam mengikutinya

 Mandiri

Sangat mandiri dalam mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum aktunya.
Mandiri dalam mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum aktunya
Masih perlu diingatkan  dalam mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum aktunya
Tidak mengerjakan tugas tepat pada waktunya.

Percaya diri

Sangat percaya diri dalam mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum aktunya.
Percaya diri dalam mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum aktunya
Masih perlu diingatkan  dalam mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum aktunya
Tidak mengerjakan tugas tepat pada waktunya.

b.    Penilaian Pengetahuan
aspek:
-       1.  Memberi contoh jenis Kebudayaan
-       2.  Menyelesaikan Perbandingan
-       3.  Menyusun teks wawancara
-       4.  Menyebutkan unsur-unsur iklan

Instrumen Penilaian Pengetahuan

No
Nama Siswa
ASPEK PENILAIAN PENGETAHUAN
Ketr.
1
2
3
4
1






2






3






4






5






Dst







Rubrik Pengetahuan

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Memberi contoh jenis Kebudayaan

Keseluruhan
Contoh kebudayan yang disebutkan benar

Sebagian besar
Contoh kebudayan yang disebutkan benar

Sebagian kecil
Contoh kebudayan yang disebutkan benar
Hampir Keseluruhan
Contoh kebudayan yang disebutkan belum tepat
Menyelesaikan Perbandingan

Semua penyelesaian tentang perbandingan sudah benar
Hampir Semua penyelesaian tentang perbandingan sudah benar
Sebagian kecil penyelesaian  perbandingan sudah benar
Hampir Semua penyelesaian tentang perbandingan kurang tepat
Menyusun teks wawancara

Siswa sudah sangat terampil menyusun redaksi wawancara dengan bahasa yang baik dan benar

Siswa sudah terampil menyusun redaksi wawancara dengan bahasa yang baik dan benar

Siswa kurang terampil menyusun redaksi wawancara sebagian dengan  bahasa yang baik dan benar

Siswa kurang terampil menyusun redaksi wawancara dengan bahasa yang kurang baik dan kurang benar

Meyebutkan unsur-unsur iklan
Keseluruhan
Contoh unsur-unsur iklan yang disebutkan benar

Hampir Keseluruhan
Contoh unsur-unsur iklan yang disebutkan benar

Sebagian kecil
Contoh unsur-unsur iklan yang disebutkan benar

Hampir Keseluruhan
Contoh unsur-unsur iklan yang disebutkan belum tepat





c.    Penilaian Keterampilan

Aspek:
1. Keterampilan menyusun teks wawancara
2 .Keterampilan berwawancara
3. Terampil Membandingkan
4. Terampil membuat gambar iklan

No
Nama Siswa
ASPEK PENILAIAN KETERAMPILAN
Ketr
1
2
3
1





2





3





4





5





dst







Rubrik Keterampilan

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan

4
3
2
1
Keterampilan siswa dalam menyusun redaksi wawancara

Siswa sudah sangat terampil menyusun redaksi wawancara dengan bahasa yang baik dan benar

Siswa sudah terampil menyusun redaksi wawancara dengan bahasa yang baik dan benar

Siswa kurang terampil menyusun redaksi wawancara sebagian dengan  bahasa yang baik dan benar

Siswa kurang terampil menyusun redaksi wawancara dengan bahasa yang kurang baik dan kurang benar

Keterampilan siswa dalam berwawancara.

Wawancara secara
keseluruhan
jelas, tidak
menggumam
dan dapat
dimengerti
Wawancara di
beberapa bagian
jelas dan dapat
dimengerti
Wawancara tidak
begitu jelas
tapi masih
bisa ditangkap
maksudnya oleh
pendengar
Wawancara secara
keseluruhan
betul-betul
tidak jelas,
menggumam
dan tidak dapat
dimengerti.
Keterampilan siswa dalam membandingkan.
Secara keseluruhan siswa sudah dapat membandingkan dengan benar.
Sebagian besar siswa sudah dapat membandingkan dengan benar.
Sebagian kecil siswa sudah dapat membandingkan dengan benar.
Hampir keseluruhan siswa tidak dapat membandingkan dengan benar.
Keterampilan siswa dalam mengambar contoh Iklan.

Secara keseluruhan siswa sudah dapat menggambar iklan dengan menarik dan bahasa yang baik.
hampir keseluruhan siswa sudah dapat menggambar iklan dengan menarik dan bahasa yang baik.
Sebagian kecil siswa sudah dapat menggambar iklan dengan menarik dan bahasa yang baik.
Hampir keseluruhan siswa kurang dapat menggambar iklan dengan menarik dan bahasa yang baik.



Mengeahui
Kepala Sekolah



MAMAN SULAEMAN, S.Pd
NIP. 195705071976011001

Tasikmalaya, 15 Juni 2014
Guru Kelas V



UUM SUJANA, S.Pd
NIP. 197009251999031002























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar